Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Pengertian seni dan cabang seni
Pengertian seni dan cabang seni

Pengertian seni dan Cabang- cabang dari seni


Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara merupakan perbuatan (tingkah laku) manusia yang muncul dari hidupnya, perasaannya, dan memiliki sifat indah sehingga mampu menggetarkan jiwa perasaan manusia.


Cabang-cabang dari seni

Seni Drama

Kata drama sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Dramos yang dalam bahasa Indonesianya adalah Pertunjukan tentang kehidupan seseorang, jadi drama merupakan sebuah pertunjukan (lakon) yang ditampilkan dalam sebuah pentas. Dalam mementaskan sebuah drama bisa melalui berbagai macam media yang meliputi panggung, Televisi, Film dan masih banyak lagi. Contoh drama di Indonesia dapat anda temui disekitar anda, misalnya saja untuk daerah jawa

Seni tari
Seni tari merupakan gerak tubuh berirama yang diiringi tingkah laku dan mimik seseorang sehingga timbullah suatu keindahan. Sebuah tari biasanya akan dibarengi dengan musik supaya bisa menambah keindahan tari tersebut. Yang dimaksud dengan musik disini adalah sebuah bunyi-bunyian yang mengatur dan mengiringi gerakan si penari.

Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu dari cabang seni yang identik dengan penglihatan (visual) meskipun sebenarnya seni rupa juga bisa dirasakan melalui indra peraba. Seni yang tercipta karena pengolahan titik, bidang, garis, volume, bentuk, tekstur dan gelap terang (pencahayaan) ini merupakan cabang seni yang banyak sekali terdapat disekitar kita. Misalnya saja lukisan, patung dan sebagainya.

Seni Musik

Musik merupakan sebuah bunyi yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang indah. Musik biasanya ditimbulkan oleh alat-alat musik, meskipun demikian suara manusia yang indah juga bisa dikatakan sebagai musik. Musik yang diciptakan dari suara manusia disebut dengan vokal sedangkan musik yang ditimbulkan dari alat musik dinamakan dengan Instrumental.

Seni Sastra

Seni sastra (kesusastraan) merupakan merupakan jenis tulisan yang mempunyai sebuah arti dan keindahan tertentu. Kesusastraan berasal dari bahasa sansekerta yaitu susastra. Su memiliki arti baik sedangkan sastra memiliki arti buku, jadi kesusastraan artinya buku (tulisan) yang memiliki bahasa yang baik dan Indah.

Intinya seni merupakan barang yang Indah yang bisa kita nikmati, hayati dan rasakan yang terdiri dari seni Rupa, seni musik, seni tari, seni sastra dan seni drama. Seni juga merupakan salah satu barang yang setiap hari kita temui baik saat kita sedang mendengarkan musik, melihat lukisan maupun melihat sebuah acara pentas tari. Demikianlah artikel mengenai pengertian dan cabang-cabang dari seni yang dapat saya tuliskan, semoga membawa manfaat bagi anda yang membaca ini. Jika terdapat banyak kesalahan saya sangatlah memohon maaf, namun jika membawa manfaat itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Tag(s) : #edukasi

Share this post

Repost0