Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Asean
Asean

Asean ( Association of South East Asia Nations )

Asean merupakan wujud nyata kerjasama regional negara-negara di Asia Tenggara. Asean adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. Asean disebut juga sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung Sekretarian ASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. Asean didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Asean di prakarsai oleh 5 negara yaitu Indonesia Malaysia Thailand Filipina Singapura
Proses pembentukan Asean dibuat dalam sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama “Deklarasi Bangkok”. Adapun yang bertanda tangan pada Deklarasi Bangkok tersebut adalah para menteri luar negeri saat itu, yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Pada tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah mencapai kemerdekaannya, negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN. 11 tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudianya, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos, Kamboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999.

Anggota-anggota Asean
Anggota ASEAN yang dulunya hanya lima negara di Asia tenggara, sekarang telah menjadi sepuluh negara, yaitu sebagai berikut

  1.  Filipina negara pendiri
  2. Indonesia negara pendiri
  3. Malaysia negara pendiri
  4. Singapura negara pendiri
  5. Thailand negara pendiri
  6. Brunei Darussalam bergabung pada 7 Januari 1984
  7. Vietnam bergabung pada 28 Juli 1995
  8. Laos bergabung pada 23 Juli 199
  9.  Myanmar bergabung pada 23 Juli 1997
  10.   Kamboja bergabung pada 16 Desember 1998

 

Tujuan Dibentuknya Asean
Tujuan terbentuknya Asean tercantum dalam naskah Deklarasi Bangkok, antara lain sebagai berikut.

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN melalui usaha bersama dalam semangat dan persahabatan untuk memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan ketertiban hukum di dalam negara-negara di kawasan ASEAN. Selain itu, juga mematuhi prinsip-prinsip Piagam PBB.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu satu dengan yang lain di dalam menangani masalah kepentingan bersama yang menyangkut berbagai bidang. Misalnya, di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
  5. Meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup mereka.
  6. Memelihara kerja sama yang lebih erat dan bergabung dengan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menjajaki segala kemungkinan saling bekerja sama secara lebih erat di antara mereka sendiri
Tag(s) : #edukasi

Share this post

Repost0