Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Peraturan Sepak Bola
Peraturan Sepak Bola

Peraturan Sepak Bola


a) Lapangan Sepak Bola
Bentuk lapangan .Lapangan sepak bola berbentuk empat persegi panjang dengan panjang antara 91,8m-120m, lebarnya antara 46,9m-91,8 (untuk petandingan internasional panjang lapangan antara 100m-110m Dan lebarnya antara 64,26m-73,44m).

  • Pembatasan lapangan. Lapangan permainan di batasi dengan garis yang jelas lebarnya tidak lebih 15cm. bendera sudut lapangan tidak lebih dari 1,5m. dan diletakkan pada keempat sudut lapangan titik tengah lapangan ditandai dengan titik yang jelas dan dikelilingi lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15m.
  • Garis kotak gawang. Didepan gawang terdapat garis gawang sepanjang 18,30m yang berjarak 5,5m di depan gawang.Daerah penalti. Pada setiap ujung lapangan digambar dua garis sejajar dengan panjang lapangan dan berjarak masing-masing 16,5m dari tiang gawang. Garis ini disatukan oleh sebuah garis lain yang panjangnya 40,3m sejajar dengan lebar lapangan sejauh 16,5m di depan gawang. Daerah yang diapit oleh garis ini disebut daerah tendangan hukuman. Di dalam daerah hukuman terdapat sebuah titik yang jaraknya 11m dari titik tengah garis gawang.
  • Daerah sudut pada setiap bendera sudut terdapat seperempat lingkaran yang berjari –jari 1 meter.
  • Gawang. diletakkan ditengah garis gawang, yang terdiri dari dua tiang tegak, yang tingginya 2,44m dan dihubungkan dengan tiang horizontal (*yang panjangnya 7,32m). lebar tiang gawang tidak boleh lebih dari 15cm.
  • Bola.
  1. Bola berbentuk bulat, bagian luar terbuat dari kulit atau bahan lain yang Tidak membahayakan
  2. Keliling bola tidak lebih dari 71cm dan tidak kurang dari 68cm.
  3. berat bola tidak lebih dari 453 gram dan tidak kurang dari 396 gram
  • Jumlah Pemain.
  1. Jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang salah satu diantaranya sebagai penjaga gawang.
  2. Jumlah pemain cadangan dari setiap regu maksimal 7 orang
  3. Nama pemain cadangan harus diserahkan ke panitia pertandingan agar dapat ikut bertanding
  • Off – Side. Pemain tidak diperkenankan memainkan bola pada saat bola sedang berada dalam posisi offside. Jika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan dengan bola pada saat bola tersebut sedang di oper ke arah anda, kecuali terdapat dua orang pemain lawan atau lebih yang setidaknya berada sama dekatnya dari garis gawang mereka. Anda tidak dikatakan offside jika berada dalam daerah pertahanan daerah anda sendiri.
Tag(s) : #edukasi

Share this post

Repost0